Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Musik Online Populer Yang Sering Digunakan di Smartphone


Kabarkan.co.id, Batulicin - Mendengarkan musik adalah cara terampuh untuk memecah suasana keheningan, mendengarkan musik juga merupakan salah satu cara untuk mengisi kejenuhan baik itu di rumah, di kost, maupun dalam perjalanan. Dengan mendengarkan musik kita hidup kita terasa lebih hidup dan penuh warna.


Sumber Gambar Musik Online

Masih teringat di benak kita yang terlahir di era 70, 80 dan 90 an. Radio, Kaset Pita, CD, VCD, DVD, dan MP3 adalah media yang sering kali digunakan untuk mendengarkan musik, media-media tersebut cukup populer dieranya.


Seiring berjalannya waktu Kaset pita, CD dan VCD sudah mulai jarang digunakan, bahkan kaset pita sudah tidak pernah lagi digunakan, kini masyarakat lebih sering mendengarkan musik yang bersumber dari Radio, dan MP3 dengan berbagai alasan salah satunya Radio dan MP3 mampu memberikan pilihan musik lebih banyak daripada kaset pita, CD, maupun VCD dan DVD yang rata-rata hanya menyediakan 10-12 track lagu dalam satu album. 

Bahkan Radio yang dulunya hanya bisa didengar secara lokal kini sudah berkembang menjadi Radio Online sehingga kita bisa juga menikmati alunan musik dari radio-radio yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Seiring perkembangan teknologi saat ini cara mendengarkan musik pun secara perlahan namun pasti mulai berubah dan tentu saja semakin canggih, simple, dan tentu saja lebih praktis. 


Dikatakan semakin canggih karena kini mendengarkan musik bisa dilakukan secara online di ponsel pintar (smartphone) kita tentunya melalui aplikasi musik online yang tersedia secara gratis. Dikatakan semakin simple karena aplikasi musik tersebut menyediakan ribuan bahkan jutaan jenis musik mulai dari cita rasa lokal alias nasional sampai interlokal alias internasional. 
Dan dikatakan semakin praktis karena kita dapat memutar lagu favorit kita dengan sangat mudah kapan saja dan dimana saja. Bahkan beberapa aplikasi musik online tersebut juga menyediakan berbagai lagu dari sejumlah musisi daerah di seluruh Indonesia. 

Lalu aplikasi musik online apa saja yang saat ini yang cukup populer dan sering digunakan orang di smartphone, berikut beberapa aplikasi musik online tersebut :



Aplikasi Musik Online Populer Yang Sering Digunakan di Smartphone.


1. SoundCloud

SoundCloud (Sumber : Billboard)

Aplikasi musik online populer yang sering digunakan di smartphone yang pertama yang akan kita kupas ialah SoundCload. 

SoundCloud merupakan layanan musik online yang pertama kali diresmikan di Berlin, Jerman pada Agustus 2007 oleh desainer suara Alexander Ljung dan musisi Eric Wahlforss. Dalam perjalanannya layanan musik online SoundCloud mulai terkenal dan merambah beberapa negara di luar Eropa dan Asia. 

SoundCloud menyediakan jutaan lagu dari berbagai musisi belahan dunia yang dapat anda dengar dan nikmati kapan pun anda mau.

SoundCloud (Sumber : SoundCloud)
Melalui SoundCloud ini selain menikmati musik secara online, kita juga dapat meng-upload musik audio hasil karya kita sendiri dan membagikannya di media sosial.

Saat ini SoundCloud sudah bisa dinikmati di Indonesia baik secara gratis maupun berbayar.

Secara keseluruhan SoundCloud cukup mudah digunakan oleh siapapun dan layanannya pun cukup memuaskan penggunanya.


2. Joox Music



Joox Music 

Aplikasi musik online populer yang sering digunakan orang berikutnya ialah JOOX. 


Joox Music merupakan layanan musik streaming yang terhubung lewat jaringan internet aplikasi mobile berbasis android dan iOS serta situs web. Joox Music didirikan oleh Tencent Holdings Ltd yaitu sebuah perusahaan asal Shenzen, Tiongkok yang juga merupakan perusahaan yang mendirikan WeChat sebuah aplikasi instant messaging yang cukup terkenal. 

Di Indonesia sendiri JOOX secara resmi diluncurkan pada bulan oktober 2015 lalu dan telah bekerjasama dengan beberapa provider operator seluler diantaranya Telkomsel.


Joox Musik (Sumber : Kacamata Geek)

Joox Music menyediakan lebih dari juta lagu dan playlist mulai dengan pilihan artis lokal maupun internasional yang semuanya dapat dinikmati secara gratis serta anda juga dapat mendengarkan musik yang ada di Joox Music tersebut secara offline. 


Joox Music memiliki berbagai macam fitur andalan yang bisa anda gunakan mulai dari menu pencarian lagu, artis, dan album, hingga menu pengaturan suara equaliser, dimana fitur-fitur tersebut dibuat untuk menambah kenyamanan penggunanya dalam mendengarkan musik dimana saja dan kapan saja.

3. Spotify Music

Spotify Musik

Tidak jauh beda dengan aplikasi streaming musik SoundCloud dan Joox Music, Spotify Music juga merupakan sebuah aplikasi online berikutnya yang cukup populer dan sering digunakan di smartphone. Spotify adalah layanan untuk musik streaming, podcast dan video komersil asal Swedia yang menyediakan hak digital manajemen dimana kontennya dilindungi label rekaman maupun perusahaan media. 


Spotify Music

Tersedia akses sekitar 20 juta lagu dari berbagai genre musik dari seluruh musisi dunia. Pengguna bisa mencari lagu apa saja berdasarkan artis, judul lagu, label, maupun album dari banyak label baik itu label besar maupun independen. 

Semua akses lagu tersebut bisa anda dengar secara gratis maupun berbayar.

4. Mixcloud - Mix Radio & DJ


Mixcloud adalah buah layanan musik upload musik di internet yang mengutamakan mix set panjang seperti radio show, DJ mix atau tutorial. Selain fokus pada layanan upload musik dimana kita bisa meng-upload musik sebanyak mungkin, Mixcloud juga menyediakan layanan untuk mendengarkan musik secara online. 

Tersedia berbagai macam lagu di aplikasi tersebut mulai dari yang sedang trend saat ini sampai lagu-lagu yang pernah nge-hits dijamannya.


5. Deezer - Songs & Music Player

Deezer (Sumber :The Next Web)

Aplikasi musik online populer berikutnya yang sering digunakan di smartphone yaitu Deezer. Deezer merupakan sebuah layanan musik online yang berasal dari Perancis.

Pada dasarknya sama seperti JOOX, SoundCloud, dan Spotify, Deezer juga menyediakan layanan musik online yang bisa anda dengarkan secara streaming.

Deezer juga menyediakan jutaan lagu yang dapat anda nikmati baik secara gratis maupun berbayar kapan pun dan dimana pun anda mau.

Post a Comment for "Aplikasi Musik Online Populer Yang Sering Digunakan di Smartphone"