Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali Warna Air Kencing (Urine) Anda Sebelum Hal Buruk Menimpa Anda

Kabarkan.co.id, Batulicin - Pernahkah anda mengamati warna air kencing (urine) anda saat buang air kecil ataukah anda cuek saja apapun warna air urine tersebut?

Mulai dari sekarang jangan anda abaikan hal tersebut, segera kenali dan pahami warna air kencing (urine) anda sebelum hal buruk menimpa anda dikemudian hari. Memang warna air urine tersebut umumnya dipengaruhi kondisi cairan dalam tubuh (dehidrasi), selain itu faktor makanan yang di konsumsi pun ikut mempengaruhi air urine yang keluar saat buang air kecil.

Nah untuk lebih jelasnya berikut disampaikan beberapa arti warna air urine tersebut beserta penanganannya semoga bermanfaat.


Kenali Warna Air Kencing (Urine) Anda Sebelum Hal Buruk Menimpa Anda

Bening


Jika warna air kencing atau urine anda berwarna bening seperti pada gambar level 1 itu artinya cairan dalam tubuh anda air dalam keadaan normal dan tidak mengalami dehidrasi.


Kuning Bening


Jika warna air urine anda berwarna kuning bening sebagaimana pada gambar level 2, hal tersebut kondisi cairan dalam tubuh anda masih dalam batas wajar, anda hanya perlu menambah sedikit saja air minum kedalam tubuh anda.


Kuning


Jika urine atau air kencing anda berwarna kuning seperti gambar pada level 3, itu menandakan anda sedang mengalami masa dehidrasi namun masih dalam tahap normal. Hal yang perlu anda lakukan hanya menambahkan setengah liter air minum dalam 1 jam untuk mencukupi cairan dalam tubuh anda.


Kuning Pekat


Jika air kencing anda berwarna kuning pekat seperti pada gambar level 4, hal tersebut menunjukkan anda sedang mengalami dehidrasi sehingga tindakan yang harus anda lakukan ialah segera menambahkan cairan dalam tubuh anda dengan meminum air putih minimal 1 botol air minum atau setengah liter air.


Coklat Muda


Namun patut waspada jika air urine anda berwarna coklat muda seperti pada gambar level 5, karena hal tersebut menandakan selain anda sedang mengalami dehidrasi, tubuh anda juga sangat kekurangan cairan. Untuk itu lakukan penanganan sesegera mungkin dengan asupan air minum yang cukup. 

Jika air urine anda sudah berada dalam tahap ini dan anda memiliki kebiasaan minum minuman berkafein segera anda hentikan. Minuman berkafein secara tidak langsung ikut mempengaruhi proses produksi air kencing.


Coklat Pekat


Jika air urine anda berwarna coklat pekat seperti pada gambar level 6, anda harus ekstra hati-hati karena hal tersebut menandakan bahwa anda sedang mengalami dehidrasi parah serta menunjukan indikasi adanya gangguan kesehatan. Tindakan pertama yang harus anda lakukan ialah segera minum air putih yang banyak, dan jika tidak ada perubahan warna air urine tersebut setelah anda minum air putih segera lakukan pengecekan kesehatan ke dokter untuk ditangani secara medis.


Warna Urine
Kenali Warna Air Kencing (Urine) Anda Sebelum Hal Buruk Menimpa Anda (Sumber : Sahabat Informasi)

Penulis : Rey



Tag:
Kenali Warna Air Kencing (Urine) Anda Sebelum Hal Buruk Menimpa Anda

Post a Comment for "Kenali Warna Air Kencing (Urine) Anda Sebelum Hal Buruk Menimpa Anda"